15 Alasan Harus ke PRADIKA RABBIT

Posting Populer

4.07.2011

MERAWAT BAYI KELINCI TANPA INDUK KELINCI

.

Merawat Bayi Kelinci Tanpa Induk Kelinci


Merawat bayi kelinci tanpa induk kelinci tentunya bukan hal yang biasa. Bahkan tak jarang bayi kelinci yang ditinggal oleh induknya tak mampu bertahan hidup. Tentunya permasalahan ini sering terjadi disekitar kita. Yuk, kita ulas bersama mengenai kebutuhan bayi kelinci saat setelah dilahirkan hingga siap disapih.

Pemeliharaan bayi kelinci tanpa induk kelinci tentunya perlu perhatian yang intens. Pada dasarnya induk kelinci menyusui bayinya hanya satu hingga dua kali sehari. Dan induk kelinci hanya akan menghasibkan waktu 5 menit didalam sarang untuk menyusui. Bayi kelinci yang belum disusui selama 48 jam harus diberikan tambahan pakan. Pemeliharaan bayi kelinci tentunya lebih sulit dibandingkan kelinci dewasa karena lebih rentan terhadap penyakit. Akan tetapi dengan ketelatenan dan kasih sayang pemilik maka hal tersebut dapat diatasi.

Bayi kelinci terutama yang usianya kurang dari 7 hari hendaknya diletakkan di tempat yang hangat pada suhu 27 ± 308C (80,6 ± 868F). Bayi kelinci bisa dimasukkan ke dalam sebuah kotak kecil dilapisi jerami dan bulu induk kelinci. Jika tidak memungkinkan mendapatkan bulu induk kelinci, maka dapat digantikan dengan kapas atau kain atun yang lembut.

Pakan pengganti untuk bayi kelinci yang kehilangan induknya, dapat diberikan susu kucing yang ditambahkan dengan multivitamin. Susu kucing sebelum diberikan harus diencerkan dengan air yang sebelumnya direbus untuk proporsi yang direkomendasikan sama seperti anak kucing. Susu yang diberikan harus hangat sebelum diberikan. Walaupun induk kelinci hanya menyusui 1-2 kali sehari, namun pakan pengganti susu kucing harus diberikan 3 ± 5 kali sehari. Dan selama pemberian susu pengganti hendaknya selalu dipantau berat badan dari bayi kelinci. Apabila berat badannya rendah sekali maka harus diberikan susu lebih sering dari sebelumnya.

Kebutuhan konsumsi susu pada anak kelinci (ml/hari)

Pemberian pakan pengganti dapat diberikan dengan spuit atau dengan botol susu lengkap dengan dot sama seperti pada anak kucing. Dalam membantu bayi kelinci menyusu perlu diberikan secara perlahan-lahan untuk menghindari pneumonia yang dapat berakibat fatal bagi bayi kelinci. Setelah selesai menyusu, maka langkah selanjutnya memijat perlahan perut mereka dengan kapas yang dibasahi air hangat. Tujuannya dalah untuk merangsang buang air kecil dan besar. Setelah mencapai usia 5 ± 6 hari, treatment pada perut diatas tidak diperlukan lagi karena anak kelinci akan dapat buang air sendiri.

Pada usia 3 minggu anak kelinci akan mulai menggingit jerami yang ada dalam kotak sehingga pada usia ini anak kelinci hendaknya mulai dikenalkan dengan pakan hijauan maupun konsentrat disamping tetap diberikan susu. Setelah berusia 35 hari anak kelinci siap disapih dan diberikan pakan berupa hijauan maupun konsentrat demi kelangsungan hidupnya. Semoga bermanfaat ^.^

Untuk Produk susu pengganti silakan klik disini

88 comments

M Ajir mengatakan...

sangat bermanfaat infonya moga. ta ada lgi bayi klinci mati saat induknya tak lgi mau menyusui seepp thanks gan ...

Pradika Clan mengatakan...

Trims juga Mas Ajir, semoga bisa membantu para rabbit lovers semua :)

Zenal mengatakan...

Thanks atas sharing info yang berharga.

zahra mengatakan...

aku zahra...
dari jakarta...
aku punya kelinci jenis anggora inggris umurnya 2 bulan... betina & jantan
kasih tau tips cara merawatnya donk n' kasih makanannya appa aja???
Trims yaa....

Pradika Clan mengatakan...

Zahra, usia 2 bulan kelinci sudah bisa makan dan minum. Perawatannya sama dengan kelinci pada umumnya. Utk hasil yg baik beri asupan nutrisi yg baik dan cukup utk pertumbuhannya

kiRdun keReen mengatakan...

mas ini rama dari Surabaya..
kelinciq sudah mngalami kelahiran 2x.. tapi anaknya slalu mati.. mnurut saya itu krn sikap induknya yg seakan tidak mau tau akan anaknya.. bahkan tidak merontokkan bulunya saat mau kelahiran.,
apa yg harus saya lakukan??

Pradika Clan mengatakan...

Rama, Coba potong bulu2 induk yg berada di daerah putingnya. Ada kemungkinan anaknya kesusahan karena puting tertutup bulu induknya. Kemudian pegang induk di atas anak2nya. Biarkan anak2nya menyusu pada induknya hingga kenyang.

anisa nuri mengatakan...

nuri bontang,sy punya 4 bayi kelinci yg berumur 3 hari,sy pisahin dari induky krn induky tidak punya insting keibuan,sdh 2 kali beranak anaky mati terus,pdhl pakan dan kandangy sdh di perhatikan. 4 bayi tsb 4-5 kali sehari sy kasi susu kedelai buatn sendiri di campur bubuk kolostrum kambing (kapsul susu kambing obat herbal sy).sy kasi pake alat suntik yg di lepas jarumy.Alhamdulillah bayi2 tsb lincah,kulity mengkilat,slalu bergerak kemana2. bayi tsb sy masukkan dlm baskom besar d di beri alas kain lembut d sy terangi d hangatkan pake lampu belajar.jika mereka kedinginan,mrka pasti dekati lampu,jika sdh kepanasan mrka menjauh d kadang jg bersembunyi di bwh kain yng sengaja sy kasi kain berlapis2. alhamdulillah tidury slalu nyenyak. mudah2an mrk panjang umur

Pradika Clan mengatakan...

Anisa Nuri, Alhamdulillah, semoga tetap sehat selalu bayi2 kelincinya dan terima kasih masukan infonya. Sangat berguna :)

Cici mengatakan...

saya,cici
anak kelinci saya sudah berumur 13 hari ( ada 5 ekor ),koq induknya klo anaknya mau menyusu selalu induknya lompat2... itu knp ya??...

Pradika Clan mengatakan...

Cici, pada pukul brp itu kejadiannya? Karena induk menyusui bayi2nya saat malam dan pagi hari diluar jam tersebut induk enggan menyusui anak2nya

Cici mengatakan...

cici,
anak kelinci saya sudah berumur 18 hari, induknya saya kasih makan kangkung yg sudah dilayukan dan ke 5 anaknya ikut makn kangkung, boleh apa gk? terus makanan yg baik untuk bayi kelinci apa ya? Terimakasih

Pradika Clan mengatakan...

Cici, Boleh, selama bayi tidak diare It's Okay..
Makanan paling baik tentunya Hay dan Pelet Khusus Kelinci :)

Anonim mengatakan...

saya chika jaksel.. mw tanya donk.. klinci saya sedang hamil N tinggal menunggu hr dia akan melahirkan.. kandang utk melahirkanNy pun sudah sy persiapkan... tp knp menjelang melahirkan dia cenderung memanjangkan badanNy.. smp2 malas utk bergerak.. trs jg tdk bnyk mkn.. cenderung sperti memilih milih mknan.. bahkan lebih bnyk minum.. smp2 kotoranNy it tdk bulat2.. apakah ttp sy kasih sayur2an apa hanya d kasih pelet rabbit.. thx.. :)

Pradika Clan mengatakan...

Chika, Wajar. Indukan yg akan melahirkan akan sedikit makan dan bahkan hilang sama sekali nafsu makannya. Ada baiknya makanan tetap disediakan dengan air minumnya :)

riris mengatakan...

saya riris di jakarta..
kelinci saya baru melahirkan 5 anak malam ini tapi dia cenderung galak dan tidak mau menyusui , maka saya pisahkan dari induknya
tapi saya tidak tahu bagaimana cara agar anaknya mendapat ASI dari induknya sebab tiap kali anaknya didekatkan ke induknya , induknya selalu bergerak-gerak tak keruan , saya jadi takut bayi" itu terinjak ..
bagaimana cara agar bayi" kelinci tersebut bisa mendapatkan susu sedangkan saya hanya punya 1 kelinci betina ?
mohon dijawab .. terimakasih sebelumnya..

Pradika Clan mengatakan...

Riris, kenapa harus dipisahkan? disatukan saja, kasiha anak2nya. Kemungkinan induk stress dg lokasi kelahiran yg terlalu ramai dan induk tidak biasa di keramaian. Pindahkan saja di lokasi yg tenang dan tidak banyak dilalui orang. Jangan lupa untuk cek kondisinya tiap hari.

stranger mengatakan...

Halo Mas Pradika,
Senang bisa menemukan petunjuk lengkap di sini.
Pagi tadi saya baru saja beli sepasang Kelinci Anggora (Jantan&Betina) usia 2Bulan.
Mohon tipsnya yang lengkap untuk pemeliharaannya, terutama untuk pakan, dan melatih/membiasakan dengan lingkungan indoor rumah. Dan benarkah kalau untuk usia 2 bulan belum boleh injak tanah? Lalu untuk kandang ukuran berpakah yang ideal? Karena saat ini kandang yang saya punya hanya muat maks utk 4 ekor klinci usia 2 bulan, jadi masih agak lega. Dan lantai kandang berupa strimin. Ya, ini hasil beli dari penjualnya sih. Mohon petunjuk lengkapnya, terima kasih.

Helmi
Jogjakarta

Pradika Clan mengatakan...

Helmi, di blog kami sudah ada Mas, coba Mas baca dari awal sampai akhir, nanti klo masih dirasa kurang, bisa kita diskusikan lbh lanjut :)

Untuk pakan, kami hanya menggunakan Hay dan Pelet saja, sayuran dan buah2an kami gunakan hanya sebagai cemilan.

Usia 2 belum boleh injak tanah? Wah, terbang dong,hehehe..

Diajarin toilet training aja Mas, cara2nya ada kok di blog ini, nanti bisa bebas bermain di dalam rumah tanpa cemas rumah jadi kotor dan bau ^^

Anonim mengatakan...

punyaku dari persilangan tipe plam (cewknx) dan liquin Cwoknya)punya anak tipe plam 2 ekor dan tipe liqun 2 ekor, tapi tipe liquin mati trus g ada yg slmat,,,pnyebbnya pa ya?

Nimaz Aristanti mengatakan...

saya nimas mau tanya..
anak kelinci saya waktu itu ada 3 umurnya sudah sekitar 3 bulan, anaknya itu gabungan dr jenis kelinci konsumsi dan anggora.. tp lama kelamaan, kelinci saya satu persatu mati.. padahal sudah dikasih pakan yg bagus dan kebersihan kandang juga terjaga, terus jg ga ada tanda2 klo sakit..
dia langsung lemas badannya, dan bbrp menit kemudian mati.. sekarang udh ga ada lg anak2nya, udh mati semua.. saya bingung, apa penyebab kematian dr kelinci sy itu ya? tolong dijawab.. trims

Nimaz Aristanti mengatakan...

sy di jakarta selatan

Pradika Clan mengatakan...

Nimas, sebelum mati diberi makan apa dan bagaimana kondisi sekitar kandang? Perlu juga untuk diketahui, sebagus apapun pakan yang diberikan tetapi jika kita kurang memperhatikan kebersihan tempat makan dan minum juga dapat menimbulkan masalah kelak. Jangan lupa untuk selalu cek kondisi makanan yang diberikan, pastikan benar-benar bersih dan tidak rusak (dalam keadaan baik)

Anonim mengatakan...

ex : nimaz
diberi makan wortel, kulit jagung, sm daun pisang.. umurnya udh hampir 3 bulan.. makanannya dikasih yg bagus dn seger kok, kandangnya juga sering dibersihin..
sy bingungnya kenapa anak kelinci sy itu matinya mendadak, ga ada ciri2 sakitnya (buang2 air)..
mau punya anak kelinci lagi, tp takut kejadian gitu lagi :(

Anonim mengatakan...

saya andi dari denpasar,
saya punya 4 anak kelinci yang baru berusia 3 hari tapi ditinggal induknya entah kemana,
saya mau nanya, kalo anak2nya saya kasi susu kedelai gimana ??
dan gimana cara meraciknya sebelum diberikan ke anak kelinci??

Pradika Clan mengatakan...

Nimaz, itu anak kelinci baru adopsi atau anakan sendiri? Kalau baru adopsi bisa jadi yang diadopsi bukan benar-benar berusia 3 bulan bisa jadi dibawah itu. Hijauan lebih baik dilayukan, pakan terbaik kelinci adalah Hay kemudian pelet, untuk sayuran dan buah-buahan sebagai selingan saja.

Andi, kami belum pernah mencobanya, jadi kami tidak dapat memberi masukan :)

Anonim mengatakan...

ex : nimaz
jadi tuh, sy punya anggora sm kelinci biasa (konsumsi).. terus dikawinin n ngelahirin anak, nah anaknya yg tadi itu..

*maaf jd kebanyakan nanya nih

firdaus mengatakan...

maaf saya mau tanya..saya punya klinci lion..baru lahir 3 hari lalu..karena saya cek terus stiap hari ada bayi klinci yan kayanya tidak dapat susu..soalnya dy paling kurus sengan yang lainnya.lalu saya bimbing anak klinci ke induk klinci dengan memegang induk klincinya lalu saya berikan ank2nya 1 per 1 k bawah induknya..mohon petunjuk dy seperti takut saat saya pegang untuk menyusui anaknya?
*firdaus

lia mengatakan...

saya lia dari jl.gembili surabaya.. saya mau tanya
kelinci saya 2hari lalu melahirkan 4 ekor. 3 ekor anak kelinci saya temukan berada di luar kandang, 1 dalam kandang. padahal sudah saya kasi kotak untuk sang ibu melahirkan. lalu saya ambil 3 ekor anak tersebut saya masukan ke dalam kotak yang ada dlm kandang. lalu apa benar anak kelinci yang terpegang oleh tangan telanjang, sang ibu tidak mau menyusui? trus saya hrus bgaimana? terima kasih

Pradika Clan mengatakan...

Lia, yang Anda lakukan sudah tepat mengembalikan bayi tersebut ke dalam kotaknya. Jika telat kasihan bayinya kedinginan dan resiko diserang predator sangat besar.

Jika Kelinci tersebut sudah kenal dengan kita dan tidak mengganggap kehadiran kita sebagai ancaman (akibat memegang bayinya) hal tersebut tidak ada pengaruhnya disusuin atau tidaknya :)

Aannddii mengatakan...

Ass. Saya andi dri Medan.
Dua minggu yang lalu, kelinci saya melahirkan 4 ekor anak. Saya lgsung pisahin karena Blum punya kotak lahiran. Bayinya saya taruh di kardus dan dialasi kain. Setiap pagi dan malam, induknya dipegang untuk nyusuin bayinya. Setelah 5 hari, bayinya satu persatu mati. Badannya dingin semua kayak es. Kira2 kenapa ya.? Apa karena kedinginan atau kekurangan susu induknya? Mohon jawabannya. Soalnya saya pingin punya bayi kelinci lagi
Was.

Nimas Pradika mengatakan...

Andi, ciri bayi kelinci yang sehat: kulit tidak keriput, warna kulit cerah dan badan terasa hangat. Sedang untuk indikator bayi kelinci disusui: Bayi kelinci tertidur (untuk usia 0-20hari), perut terlihat buncit/penuh, dan badan terasa hangat tidak dingin. :)

Ade Rizki D.p mengatakan...

Saya Ade di Kudus, saya mau tanya, kalau anakan kelinci umur 1 bulan boleh dipisah dengan induknya ?. So'alnya pada waktu itu, induknya melahirkan 1 bulan, tetapi mengeluarkan hanya 1 anak, lalu sebulan lagi induknya meneluarkan 10 anak, kalau anak kelinci pertama yang umur 1 bulan kalau dicampur sama anaknya yang baru masih kecil2.., apakah jika saya campur anakan yg sudah 1 bulan dapat berpengaruh dengan anak yg masih umur 3 hari ?
Terima kasih

Pradika Clan mengatakan...

Ade, Kelincinya belum siap dikawinkan kembali kenapa dikawinkan lagi? Anaknya pun juga belum siap dipisah. Sebaiknya karena sudah terlanjur terjadi, pisahkan anakan 1bulan tersebut tetapi tetap bersebelahan dg induknya. Pastikan pagi dan malam anakan 1 bulan disatukan beberapa saat dg induknya untuk menyusui. Atau bisa juga dilakukan berkebalikan.

Ahmad fuady bin mas'ud mengatakan...

apakah bisa kelinci yang umur 2bulan dikawinkn?????
terus apa dampak kawin sedarah

Pradika Clan mengatakan...

Ahmad, wah belum bisa dikawinkan kalau usianya 2 bulan. Dampak kawin sedarah dapat menimbulkan munculnya kelainan genetik maupun fenotip yang tidak diinginkan. Kelainan tersebut tidak semuanya tampak

Anto - Jombang mengatakan...

Gan, kelinci saya beranak 4 ekor. Yang tiga dimakan induknya. Yang 1 ekor akhirnya saya pisahin. Untuk menghangatkan, saya pake bohlam 5watt selama 24 jam. Untuk menyusu, saya "memaksa" imduknya untuk menyusui di jam-jam tertentu.

Saat ini anak kelinci saya sudah mulai berbulu. Yang ingin saya tanyakan, apakah benar tindakan saya.?? Lalu sampai kapan anak kelinci harus dipisah. Karena takutnya nanti pas anak sudah besar dan disatukan, induk akan memangsa lagi. Secara anak kelinci kan menyusu sampe 2 bulan.

Pradika Clan mengatakan...

Anto, Maaf baru balas..
Hmm.. sedikit mengkoreksi saja.. untuk pemakaian lampu sebenarnya tidak perlu karena biasanya induk kelinci mencabuti bulunya sendiri untuk selimut anak2nya. Kita biasanya bantu dg menambahkan rerumputan kering. Untuk kasus induk memakan anaknya ada kemungkinan bayi yg dilahirkan dalam kondisi mati atau dirasa oleh induknya tidak dapat bertahan hidup lama atau bisa juga induk dalam kondisi stress karena tempat untuk dia melahirkan belum disediakan.

Saran saya coba disatukan dengan induknya, anak kelinci mulai belajar makan pada usia 3 minggu :)

Pawonomah mengatakan...

Terimakasih artikelnya, berguna buat kami yg ingin berternak kelinci

Pradika Clan mengatakan...

Pawonomah, trims.. Senang dapat membantu :)

Anto - Jombang mengatakan...

Terima kasih sarannya. Saya akan ikuti saran sampean. Ternyata anak kelinci itu cepet banget pertumbuhannya...

Pradika Clan mengatakan...

Anto - Jombang, Good Luck :)

misbah's mengatakan...

saya baru membeli kelinci, kata pedagangnya baru berumur satu bulan saya bingung harus bagaimana merwatnya dan bagaimana memberi makannya? dhia- bekasi

Pradika Clan mengatakan...

Dhia, kalau sudah tahu 1 bulan kenapa lantas diadopsi? Apa karena lucu saja pertimbangannya? Kelinci usia 1 bulan masih membutuhkan induk disampingnya dan masih rentan sekali dengan kematian. Karena sudah terlanjur bisa dilakukan apa yang telah ditulis dipostingan ini :)

unna mengatakan...

saya unna di makassar. saya punya 3 ekor bayi kelinci umur 11 hari (matanya udah terbuka). induknya termasuk jago ngerawat anaknya, karena anaknya sehat dan lincah. dia juga tidak galak. saya letakkan di kotak kardus yg satu sisinya dipotong setengah untuk jalan induknya masuk, trus dialasi kain dan bulu2 induknya. apa ini sudah benar? soalnya sampai umur 11 hari belum saya ganti2 alasnya.

saya juga mau tanya bagaimana caranya mengajari anaknya makan? soalnya udah saya sodor2in wortel tapi dia malah gak suka.

Pradika Clan mengatakan...

Unna, Sudah tepat, alas sebaiknya diganti agar tidak lembab dan menjadi sarang penyakit. Nanti juga akan belajar makan dengan sendirinya :)

unna mengatakan...

mas, ini saya lagi. unna. makasih atas infonya ya. oh ya, kelinci saya sudah mulai gigit2 wortelnya, tapi cuma ada bekas gigitan. wortelnya gak dimakan. mungkin giginya belum kuat ya. ^^

Pradika Clan mengatakan...

Unna, Alhamdulillah... Iya Mbak, beberapa hari lagi juga akan lahap makannya.. Sediakan Pelet dan Hay juga ya :)

unna mengatakan...

iya mas, saya sudah belikan pelet. tapi kalo hay, di makassar sini ndak tau dimana ada yg jual. sy kasih rumput dari halaman aja ini. bisa jadi pengganti hay gak?

Pradika Clan mengatakan...

Unna, sebaiknya rumput yang memang direkomendasikan untuk kelinci Mbak, sehingga pas untuk takaran dan gizinya :)

Anonim mengatakan...

gan, saya dari bandung. gan, saya baru beli kelinci tetapi satu hari sudah melahirkan, nah anak anaknya di telantarkan,semuanya ada 7 mati 4. cara buat anak anak kelinci gak mati lagi yang ditelantarkan induknya gimana? terima kasih mohon balas.

Anonim mengatakan...

MOHON SARAN DAN PENENGANANYA....
SAYA PUNYA KELINCI BETINA FLAMS SAAT HAMIL SAMPAI MELAHIRKAN KOK TIDAK MERONTOKAN BULUNYA?? ,,,
KELINCI TERSEBUT SAYA MASUKAN KANDANG UKURAN 75X75CM DAN SUDAH SAYA BERI KOTAK BOX UNTUK MELAHIRKAN UKURAN SKITAR 30X20 CM,,,,
APAKAH TEMPAT KELINCI TERSEBUT TERLALU SEMPIT ??
TRIMAKASI...MOHON SOLUSI TERBAIK

Rakuten.co.id: Toko online murah, serba ada Barang unik Jepang mengatakan...

Terimakasih Infonya ya :)

Tablet PC mengatakan...

Thanks infonya

riri mengatakan...

siang..saya riri di cirebon,saya punya byi kelinci ada 8 ekor,tapi mati 7 krn ga di rawat sama induknya,yang 1 sekarang saya taro di kardus pake alas kain trs pake lampu,tiap sore sama subuh saya bawa induknya buat nyusuin paksa bayinya,apa cara saya udah tepat?atau waktu menyusuinya hrs ditambah jadi 3x sehari?trs sampe usia brp bayi nya hrs menyusu?
makasih,mohon pencerahannya :)

Anonim mengatakan...

Sya andi dari jakarta. Kelinci saya jantan usia 1 tahun,2 bulan pernah kawin, nah indukan jantannya tiba2 gak mau makan dan selalu loncat2 di kandang, kebetulan kandang sebelahnya betina yang lain. setelah 2 hri gak makan dia mati, tidak ada tanda2 mencret, kembung atau sakit apapun. pertanyaannya apakah jantan yaang pernah kawin bisa stress karena tidak dikawinkan lagi hingga mati, atau ada penyebab lain? (oh ya tambahan sebelum mati makanan peletnya sempat diganti merk yang lain ada jg berpengaruhnya gak ya?)

Pradika Clan mengatakan...

Riri, sudah benar cuma sedikit kurang tepat. Kain diganti saja dengan serutan kayu dan tanpa lampu. Tetap satukan dalam kandang saja, selebihnya lanjutkan :)
*usia 2 bulan.

Andi, Bisa saja sakit tetapi kita yang kurang awas sehingga merasa kelincinya baik-baik saja :)

riri mengatakan...

mas,bayi kelici saya umur seminggu,sekarang kalo dia nafas kadang ada suara ngik ngik ngik gt mas,trs badannya ikut gerak gerak kyk orang cegukan gitu,itu kenapa ya mas?apa bayinya sakit?makasi mas.

Pradika Clan mengatakan...

Riri, hmm susah menjawabnya.. mungkin bisa lebih detil

Silla Destiara mengatakan...

Saya punya anak kelinci sudah hampir mau 2 bulan, jika di atas dua bulan haruskahdipisah oleh induknya? Jika anak dan induknya sekandang sampai anaknya besar bahaya atau tidak?

Pradika Clan mengatakan...

Sebaiknya dipisahkan, kalau tidak nanti anaknya bisa mengawini induknya

Anonim mengatakan...

Saya lina dari tangerang, mau nanya. Kelinci saya baru berumur 1.5 bulan. Masih butuh susu ga ya? Terus makanannya kan saya kasih timothy hay, tapi kurang suka karena dulu terbiasa dkasih sayurn, enaknya gmana ya? Udh boleh dkasih pelet ga? Terus juga umur segitu udah bisa diajarin toilet training belum ya? Maaf banyak tanya

Pradika Clan mengatakan...

Lina, tetap saja berikan hay dan pelet. Jangan lupa minumnya. Sudah bisa, semakin muda semakin mudah untuk dilatih :)

zarkasi phyc mengatakan...

on numpang tnya
kelinciku pitak.. trs bulu yang rontok dri pitaknya jd gimbal....
trs tak potong gmblnya.. tp kok pitaknya jd tambah lebar...dan gimbal trus menerus... mohon solusinya ...umurnya 2,5 bulan

Hafid , Lampung

zarkasi phyc mengatakan...

trus misal di ptong total gmana?

Pradika Clan mengatakan...

Normalnya rambut kelinci yang rontok akan tumbuh kembali, kecuali ada gangguan lain. Silakan kontak dokter hewan terdekat di lokasi Anda :)

Ogi Aprison Sianturi mengatakan...

saya dari pontianak
panggil aja april
gan bayi kelinci ane baru lahir tadi pagi tgl mei.
induk nya pas melahir kan bayi nya pada saat di satu kandang
sama 2 betina dan 1 jantan dewasa lain nya'
btina kan ada 3 jd gatau yg mana yg melahirkan..
kandang nya luas 2 tingkat.
cara mengetahui betina yg baru melahir kan gmana gan????
smantara itu ane taruh d kardus . bayi ny.
makanan pengganti utk bayi apa selain susu kucing soal nya
ga ada jual d sinii
makasi

Pradika Clan mengatakan...

April, Oleh karena itu sering kami mengharuskan agar 1 ekor kelinci dalam 1 kandang saja tidak lebih, kecuali sudah disterilkan. Terlebih kelincinya berbeda jenis kelamin sehingga dipastikan Anda/pemilik akan kebingungan akibat lahirnya bayi kelinci yang tiba2 dan kebingungan juga bapak dan induknya. Untuk tahu siapa yg habis melahirkan bisa dicek kelinci mana yang bulunya rada rontok dan putingnya membesar (ini agak susah karena kami yakin betina lain juga sedang dalam kondisi bunting). Susu pengganti bisa kami kirim ke Pontianak, namun sebaik-baiknya susu adalah susu dari induk kelinci

Nouvalia Febriany mengatakan...

kalo susu kedelai gimana?

Pradika Clan mengatakan...

Kandungannya tentu berbeda, sebaiknya gunakan sesuai yang sudah kami sarankan.

Frydo Simatupang mengatakan...

mf gan mau nanya nih, saya frydo dr bandung. saya punya 2 anak kelinci jenis berbeda (Fuzzy Lop & Anggora) umur 2 bulan, trus tinggalnya di satu kandang. sya jg blm tau jenis kelaminya. kira2 berapa lama ya mreka bsa disatuin ? TQ gan.

Pradika Clan mengatakan...

Frydo Simatupang, segera saja dipersiapkan kandangnya mulai sekarang. Lebih cepat lebih baik :)

Adit Tresna mengatakan...

adit ( BGR ) mau nanya dong saya pnya bayi kelici yg berumur 3 weak bulu'a rotok dan kaku itu knpa? pngbtn'a gmn ya ?

Pradika Clan mengatakan...

Adit, mohon maaf kami kurang paham dengan penggambarannya. Supaya lebih jelas dan tertangani segera konsultasikan dengan dokter hewan disana

Lukman Fatur mengatakan...

lukman(jogja), saya mau tanya anak kelinci saya ada 3 usia 3 hari, yang 2 disusui sedangkan yang satu tidak disusui(yang satu ini dia lemes bgt walau induk di pegangin dia tidak mau menyusu)..apa yg harus saya lakukan ?

Pradika Clan mengatakan...

Lukman, bisa dilakukan pemberian susu pengganti khusus. Silakan cek di bagian product and service

Karin chan mengatakan...

mas ny saya mau tanya, saya punya bayi kelinci yg berumur 2hari, tp kga tahu yg mana induk ny soal ny sya punya 8 indukan, dan di satu kandangin semua di halaman belakang, td pgi baru mti 1, skarang tinggal 4 lagi...gimana ya supaya bisa bertahan?takut nya ga di susui sma induk nya...

Pradika Clan mengatakan...

Karin, hal ini sudah sangat sering terjadi. SEBAIKNYA SATU EKOR KELINCI DALAM 1 KANDANG. Supaya bertahan silakan membaca artikel ini, trims

Karin chan mengatakan...

syukur anak kelinci yang hidup 3 ekor...dan 2 induk lg bru melahirkan...hehe...mau nanya kalo anak kelinci di pisah ma induk nya umur brpa minggu...makasih

Pradika Clan mengatakan...

Alhamdulillah, usia 8 minggu baru dipisah :)

Karin chan mengatakan...

mas mau nanya...yang kmren induk nya mati gmna y?tp anak2 nya dah pada makan sih..,yang anak nya 3 tu lho....pa ga papa klo ga d kasih susu lagi?

Pradika Clan mengatakan...

Karin, ya silakan

satria daffa mengatakan...

ini saya daffa, surabaya
wah makasih mas, banyak banget yg mengandung ilmu.... :)saya ingin tanya, apa bisa induk di training untuk menyusu anaknya????? tapi bagaimana caranya y mas????

Pradika Clan mengatakan...

Daffa, kenapa perlu training? Secara insting Hewan mamalia pasti akan menyusui bayi2nya :)

Viscca mengatakan...

tolong pencerahannya dong gan,,kelinci sy udah 3 kali melahirkan tp bayi2 nya ga ada satupun yg bertahan hidup,,cuma beberapa hari aja trs pada mati satu2,,,hampir nyerah nih sy ngurus kelinci gara2 mati mulu,,stress sy,,:(

Arie Yuliarti mengatakan...

kelinci saya hidup bebas di halaman belakang. awalnya saya tidak tahu dia akan melahirkan sampai sore ini pembantu saya menemukan bayi kelinci di rumput (hanya seekor). apa yang harus saya lakukan? karena ia tidak ada kandang sepertinya ia juga tidak membuat sarang.. trims

Pambudi Dzulthoen mengatakan...

kalau anak kelincinya disusui susu HILO boleh apa tidak mas??

Achmad Mursyid Fadhilah mengatakan...

Mas, apa anak kelinci bisa hidup di dalam tanah ??

Mohon di jawab ., trima kasih !!


Fadhill dr bekasi

Google+

Bagikan ke teman yang lain

 

PETERNAKAN KELINCI SURABAYA PRADIKA RABBIT

Tempatnya Hobiis, Peternak dan Pecinta Kelinci Mencari Info dan Kelinci Berkualitas