15 Alasan Harus ke PRADIKA RABBIT

Posting Populer

12.09.2010

KELINCI TIDAK MAU MAKAN

.

KELINCI TIDAK MAU MAKAN


Pernahkan anda mengalami kelinci anda yang ogah-ogahan untuk makan? atau bahkan tidak mau makan sama sekali? Padahal Si Kelinci tidak sedang sakit.

Mengapa terjadi seperti itu? Apa yang perlu kita lakukan agar kelinci kesayangan mau kembali makan?

Kelinci sebagaimana hewan kesayangan tentunya membutuhkan perhatian dan kasih sayang dari sang pemilik. Namun, terkadang kita sebagai pemilik hewan kesayangan (kelinci) sering lupa untuk memberikan kasih sayang dan perhatian pada kelinci kita. Akibatnya sering sekali kelinci menjadi malas makan dan minum. Padahal kelinci membutuhkan energi dari makan untuk hidup dan beraktivitas, kondisi kelinci yang tidak mau makan atau malas untuk makan jika kita biarkan akan berakibat buruk pada kondisinya. Maka cobalah lakukan pendekatan lain selain mengandalkan vitamin atau bahkan obat-obatan. Contohnya pernahkan anda mengajak kelinci anda berbicara? Atau seberapa sering anda membelai kelinci kesayangan anda?

Contoh diatas memang kedengarannya sangat aneh atau bahkan remeh, namun hasil pendekatan ini sangatlah ampuh dan mudah tentunya. Coba lakukan hal ini:

1. Saat memberi makan kelinci yang sedang malas makan, segera dekati, belai dan panggil namanya.

2. Bicaralah dan bujuk Si Kelinci agar mau makan, misal: "Ci, ayo dong makan nanti sakit lhoo" atau "Ci dimaem yuk pelet/sayurnya supaya sehat" dapat juga "Ci kalau mau makan ini nanti aku kasih hadiah lho" dan lain-lainnya.

Selamat mencoba :)

95 comments

Anonim mengatakan...

hallo saya endah. selain kelinci saya tidak mau makan, kalau dipegang, dia kok gemetar. seperti ketakutan jika ada yang memegangnya. itu kenapa ya?

Pradika Clan mengatakan...

uda berapa lama mbak endah peliharanya?
ada kemungkinan dia sdg bunting,bisa juga ketakutan dg pemilik baru

juli andono mengatakan...

saya julian. kelinci saya (betina) kok akhir2 ini jadi lebih suka berdiam diri di pojokan sangkarnya, malas makan dan malas beraktifitas. kata teman saya, itu tandanya dia lg bunting. apa benar?

windy mengatakan...

saya windi..
kelinci saya tidak mau makan pelet..bagaimana mengatasinya?
selama ini hanya saya beri jagung dan rumput gajah yang dilayukan dahulu.. apa sudah cukup baik?
lalu di surabaya, dimana saya bisa mendapatkan hay?
terima kasih

Pradika Clan mengatakan...

@Windi, pertama coba dibiasakan terlebih dahulu. Caranya beri kelinci pelet dan makanan yg biasa mbak berikan dg takaran pelet lebih sedikit. Jika pelet sudah mulai dimakan takaran pelet ditambah dan sayuran dikurangi. Setelah itu, perlahan-lahan takaran pelet ditambah sedikit demi sedikit dan sayuran dikurangi sedikit demi sedikit sampai diberikan tanpa sayuran.

Cara kedua, berikan pelet saja tanpa sayuran sampai kelinci memakannya

@Julian, kalau bunting apa benar kelinci pernah dikawinkan? Ada kemungkinan dia stress atau sakit. tetapi selama makan dan kotorannya normal tidak masalah atau kelinci baik2 saja :)

Anonim mengatakan...

huwee... jadi inget kelinci ane dulu ;(

pas dia sakit dia rajin minum obatnya..
ane sering bicara'' sama kelinci ane yg sakit saking sayangnya,
gk kayak kelinci ane yg lain, kelinci ane yg satu ini nuruttttt bgt,
ternyata obatnya gk manjur, kelinci yg ane sayangi mati ngadep kamar ane..

zahra mengatakan...

Saya zahra...
dari jakarta,kelinci saya betina sudah 3 hari tidak mau makan pelet,wortel dan rumput ...
klincinya diem saja dan sudah saya usap2 diem juga dan tdk mau makan juga dan beratnyapun mulai berkurang itu kenapa yaa...dan kalau perlu diberi obat,obat apa ya..?oh ya umur klinci saya kurang lebih 5 bulan...mksh ya

Pradika Clan mengatakan...

Zahra, coba berikan air gula jawa diminumkan ke kelincinya. Kalau masih juga belum baikan bisa konsultasi ke dokter hewan kepercayaan Mbak :)

sisukasayangnobita mengatakan...

saya intan di bandung ,koq kelici saya ga mau makan badan.a panas ,saya kira itu kembung dan saya beri magasida tp koq msh g mau mkan yah ??mksh

Pradika Clan mengatakan...

Intan, uda coba konsultasi ke dokter hewan? Klo agar kelinci mau makan coba beri air gula jawa lalu diminumkan

gege mengatakan...

nama saya gita dari Bandung..

begini saya punya kelinci jantan umurnya sekitar 10 bulan
belakangan ini dia sering diajak jalan (keluar kota)karna tidak ada yang menjaga, lalu sudah sekitar 4 hari adik dan ibu saya yang cukup dekat dengannya pergi mudik..
sejak saat itu dia jadi pendiam, dan selalu minta dielus, sekarang jadi tidak mau makan (hanya makan 1-2 pelet, sepotong kecil wortel, dan beberapa helai kecil selada), sempat juga saat sedang melakukan "itu" tiba-tiba keluar darah, kemarin juga sempat ada suara petasan besar banget dekat rumah, fesesnya juga kecil".

kira-kira kelinci saya kenapa ya ? sakit, stress, atau kangen dengan adik dan ibu saya ? saya juga sempt beberapa kali memberikan minyak angin takut-takut dia kembung, dan diajak bicara..

tolong bantuannya ya.. terimakasih...

Pradika Clan mengatakan...

Gita, punya kelinci berapa ekor ya? Sebelumnya bagaimana? dan yg dimaksudkan melakukan "itu" apa ya? Bisa jadi kelinci kesepian dan kaget saat ada bunyi2an petasan tetapi tidak lama lagi akan baikan kembali..
Sering2 diberi perhatian, kalau perlu diberi vitamin untuk kelincinya agar tetap fit dan nafsu makannya terjaga, trims :)

yefta mengatakan...

Kelinciku kok 2 hari ini mkannya dikit padahal biasanya makannya bnyk shari bs mkan kangkung 2-3 iket kangkung. Tapi 2 hari ini cuma hbis 1 ikat sehari. Apa sakit ato gimana. Uda diganti mkannya juga gak ngefek.

Pradika Clan mengatakan...

Yefta, mungkin bosan atau memang lagi ada pergantian cuaca ekstrim di daerah Mbak disana, biasanya berpengaruh trhadap nafsu makan kelinci. tapi kemudian kembali normal kembali

Anonim mengatakan...

sy Lia di samarinda. kelinci sy tdk nafsu mkn seperti dulu. sekitar dua minggu yg lalu kelinci sy yg lainnya hilang ketika dikeluarkan dr kandang. nmn bsknya sy langsung membelikan kelinci lg satu. jd mrk berdua. wkt itu dy ttp mw mkn. dan jg akrab dg kelinci br itu. tp kok skrg jd mls mkn ych? sy mmg agak jarang mengelus-elus. klw mw ngasih mkn sj br sy elus. apakah kelinci sy rindu dgn tmnnya yg hilang? atau ada mslh lain?

Pradika Clan mengatakan...

Lia, Perlu diperhatikan pula cuaca yang panas. Cuaca panas juga dpt menurunkan nafsu makan kelinci. Selama ini diberi makan apa saja? dan apa kelincinya masih bisa buang kotoran?

Anonim mengatakan...

sy Lia di samarinda. biasanya makan sawi manis, kangkung, wortel thailand, dan selada. kalau buang kotoran, masih tp hanya sedikit. wkt dulu biasanya byk kotorannya

Pradika Clan mengatakan...

Lia, ada baiknya kelinci diberi pakan berupa Hay dan pelet. Utk sementara coba diberikan air gula merah diminumkan utk menambah nafsu makannya :)

Anonim mengatakan...

Sy Lia di samarinda. apakah ada mslh dengan sayuran? penjual kelinci jg blg lbh baik diksh pelet. apakah ada nutrisi khusus pd pelet? dan sy mw tanya, cara memberikan air gula merahnya seperti apa?

Pradika Clan mengatakan...

Lia, komposisi pelet kelinci sudah lengkap untuk melengkapi kebutuhan nutrisi kelinci. Sedang sayuran harus waspada terhadap pestisida sehingga harus dicuci dahulu dan dilayukan. Boleh dicampur diminumannya atau lgs diminumkan. Jgn lupa gunakan air matang dan bersih selalu utk minum kelinci

Anonim mengatakan...

sy Lia di samarinda. trim's utk infonya. mmg selama ini sayur yg sy berikan tdk prnh dicuci dan lngsng diberikan pd kelinci. dan minumannya sy berikan air mentah, karena sblm ini sy tdk prng diberitahu ttg minumannya. sekali lg trim's

Anonim mengatakan...

sy Lia di samarinda. tapi apakah ciri-ciri kelinci hamil dari segi makan itu banyak? apakah tidak ada iri-ciri dari segi makan lain misal tidak mau makan? kelinci saya sekarang malas sekali bergerak. apakah ada kemungkinan dia hamil? trim's

Anonim mengatakan...

sy Lia di samarinda. sy mau tanya, apakah tanda-tanda kelinci yang mau melahirkan? apakah malas bergerak dan malas makan termasuk slh satu tandanya?
trim's

Pradika Clan mengatakan...

Lia, iya itu termasuk tanda2 kelinci akan melahirkan

Anonim mengatakan...

sy Lia di Samarinda. sy berterima kasih sekali atas saran anda. sekarang kelinci saya sudah sehat setelah saya beri gula merah di minumannya. dan juga makannya banyak sekali seperti dulu. sekali lagi terima kasih banyak.

Pradika Clan mengatakan...

Lia, Alhamdulillah, semoga kelinci Mbak Lia sehat selalu :)

Anonim mengatakan...

sy nurul di bdg, belakangan ini kelinci sya tdk mau mkn kurang lbih 2 harian deh, dia lmes umurnya msih kecil sbabny apa y kira kira uda sy kasih makan tpi dia ny ga mau trus , sayang klo mati matanya merah campur item, jadi klo di gelap si mata merahnya bagus ky indukny , sayang kllo mati, dia g mau mkn trus, jadi gmn y ngatasinnya?

Eka Nova mengatakan...

Nama saya eka dari pekanbaru, mau nanya dong, anak kelinci saya yang baru lahir kok gak mau minum susu ya? padahal udah didekatin ke puting induknya tapi tetep ga mau makan..
tolong sarannya ya.
trims :)

Pradika Clan mengatakan...

Nurul, usianya berapa bulan? BAB apa masih normal? Utk sementara dikasih air+gula merah dahulu ya ke kelincinya :)

Eka Nova, selama badan bayinya tersebut tidak dingin dan perutnya terlihat berisi (susu) tidak masalah :)

Eka nova mengatakan...

makasih ya :)
alhamdulillah sekarang udah mau makan..
walaupun masi kurus banget :(

Pradika Clan mengatakan...

Eka Nova, sudah mulai makan sendiri belum anakannya? Jika sudah, beri asupan nutrisi yang baik spt pelet kelinci dg protein 18% atau kalau ada pakai alfalfa hay :)

jane mengatakan...

Kelinci saya umur 6 bulan sudah 24jam tidak nafsu makan (makan sedikit), setelah saya mandikan (dihairdrayer) dia jadi tidak nafsu makan padahal sebelum nya masih mau makan.. kelinci saya itu kenapa ya mbak ?
apakah setres.... tolong saran nya mbak "Pradika" dan cara menangulanginya ?

Pradika Clan mengatakan...

Jane, sebelum dimandikan apa sudah di cek kondisi kelincinya? Kelinci sakit tidak boleh dimandikan dan akan memperparah sakitnya. Coba berikan air yg dicampur gula merah, kemudian diminumkan ke kelincinya. Kalau masih belum ada tanda membaik sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter hewan kepercayaan mbak Jane :)

Anonim mengatakan...

Nama saya Bey, saya baru dibelikan sepasang kelinci jenis anggora. yang betina sepertinya lebih tua dari yang jantan. setiap saya berikan pelet, yg memakan hanya yang betina, itupun sedikit, sedangkan yang jantan tidak mau makan pelet? maunya makan sayuran saja. kalo sya hanya memberikan pelet, pasti yg jantan tidak makan, hanya menunggu sampai sy mberikan sayuran. sebaiknya bagaimana ya smpai klinci jantan sy mau makan pelet? pdahl sy sdh mncmpurkannya ttp saja yg dmakan hanya sayurannya..dan apakah benar syuran bsa membuat mencret?

Pradika Clan mengatakan...

Bey, yang Jantan belum terbiasa dg peletnya. Tetap saja diberikan Pelet dan kurangi porsi pemberian sayuran. Harapannya agar Jantan akan terbiasa dan mau utk makan peletnya.
Sayuran yg kotor dan tercemar pestisida tentunya dapat menyebabbkan gangguan di perut kelinci. Selain itu, ada beberapa sayuran yg dapat memicu diare dan kembung. Saran kami gunakan saja Hay karena lebih aman dan higienis :)

yuli mengatakan...

Sya bru bli kelinci 1 lincah bgt, nah ngliat dy sndrian kasian jd sya bli 1 lg bwt tmen dy..pas pertama d ktemuin akur main breng..pas pagi2 ny kelinci yg stu muyung diem d pojokan n jd g nafsu mkan..it knpa y?

Pradika Clan mengatakan...

Yuli, Banyak penyebabnya Mbak, bisa karena usia kelinci terlalu muda saat diadopsi. Namun, karena kami tidak melihat kondisinya langsung, jadi kami tidak dapat meenyimpulkan apa yang terjadi dengan kelincinya. Sebaiknya segera Konsultasikan ke Dokter hewan kepercayaan Mbak :)

Anonim mengatakan...

sa said, di makassar.
sa pux kelinci yg usiax -+ 5 blan. akhir2 ini dia tidak mw minum, n mkanx pun sdikit. sa bingung mw bgaimna lg krn walaupun sa bujuk2 kelinci sa tetap tidak mau minum. sa tkut dia mati krn sa syng bgt sm kelinci sa..

Anonim mengatakan...

ass.. mba saya dani d aceh.. kelinci saya kata penjualnya sih sepasang.. Biasanya dua2 lincah. tp yg satu kok agak males2an akir2 ini, suka tdur2an dan selalu dket2 sama klinci yg satu lg..
truz makannya jg kurang mba.. soalnya poopnya sedikit d bandingkan sebelum2nya..
truz klu d gendong uda melawan mba.. itu knp ya ? trims..

Pradika Clan mengatakan...

Mba Dani, sudah terjawab ya tadi via sms :)

Pak Said, Bagaimana kondisinya sekarang? Apa masih mau makan? Lalu BAB apa masih normal atau tidak ada sama sekali? Untuk keadaan genting seperti ini lebih baik segera konsultasikan ke Dokter Hewan kepercayaan Bapak mengingat Kelinci tersebut sangat Bapak Sayangi :)

Lia Aliya mengatakan...

huhu...
bagaimana ya kalau kelinci kulitnya tergunting???
wkt td sy cukur bulunya, kulit di bawah perutnya gk sengaja kegunting. tp kelincinya diam aja gk ada reaksi. pertamanya cm keliatan kyk daging gitu, gk lm mw mengeluarkan darah,. sy lngsng ambil betadine dan sy plester dg hansaplast. dy awalnya meringkuk di pojok kandang, tp setelah itu sdh main2 lg. perutnya nnt bisa kebuka ngk? apakah kelinci sy hrs dibw ke dokter? dan haruskah diberi obat lain?
trims sblmnya

Pradika Clan mengatakan...

Lia, Kelinci beda dg kucing dan anjing dalam mereaksikan suatu rasa sakit. Memang terlintas tidak nampak seperti tidak apa-apa namun sebenarnya dia kesakitan. Banyak sekali kejadian, seperti pagi sampai siang kelinci sehat tetapi malam atau pagi berikutnya mati. Mungkin saat itu kelinci sudah dalam keadaan sakit namun tidak menunjukkan gejala sakit tersebut. Untuk amannya sebaiknya dikonsultasikan ke dokter hewan utk dilakukan treatment. Mungkin saja perlu penjahitan terhadap kulit yg tergunting tersebut atau tidak.

Lia Aliya mengatakan...

trims...
tp apa kulitnya yg sdh tergunting disambung lg? kulit yg tergunting itu kecil tp agak memanjang dn sdh sy buang. jd bgaimana? apa tdk memerlukan kulit itu lg?
skali lg trims

Pradika Clan mengatakan...

Lia, kami tidak tahu persisnya seperti apa. Kalau memang dirasa perlu sebainya segera menghubungi dokter hewan kepercayaan Mbak Lia :)

Anonim mengatakan...

briyan di jogja..
kmrn sy hbs bli kln kira2 umr 1thn lah. tp pd wkt sy pndh ke kndg brunya klnc g mw mkn. td sy jg udh ksh mkan tp mkn.y dkit bgt.. apa itu krn lgkngn yg bru?? trs cara mencampur gla mrah ke air minumnya gmn????

Pradika Clan mengatakan...

Briyan, Bisa karena lingkungan baru bisa juga karena masih dalam tahap perubahan adaptasi pakan. Sebelumnya biasa diberi pakan A tapi Anda memberinya Pakan B yang tidak biasa dimakan oleh kelincinya. Cara mencampurnya lgs saja, air hangat + gula merah secukpnya :)

Aldo mengatakan...

Aldo,Solo
malam mbak,saya mau tanya mulai 3 hari yg lalu kelinci saya malas makan,terus seperti lumpuh gitu,dia juga sering garuk-garuk kakinya sampai ada yg berdarah,kemarin sudah saya kasih hansaplast tapi tidak berubah,kemarin baru saya berikan pelet ( selama 3 tahun baru kali ini saya berikan pelet,biasanya saya berikan sayuran yg sudah dilayukan dan selalu dimakan )

sampai sekarang,masih malas makan tapi masih mau minum air.Apakah disebabkan gatal-gatalnya itu ya?Bagaimana cara mengatasinya?apakah ada obat khusus?

Pradika Clan mengatakan...

Aldo, bisa jadi karena gatalnya itu kemudian kelinci merasa tidak nyaman dan malas untuk makan. Berhubung kami tidak dapat melihat langsung kondisinya, sebaiknya kami sarankan untuk segera dikonsultasikan ke Dokter Hewan terdekat atau kepercayaan Anda :)

Anonim mengatakan...

saya tya di jakarta..saya punya kelinci jantan umur setahun..sampai skr blm bisa saya kawinkan..kmrn dia ga nafsu makan.trs skr kayaknya flu karna bagian bawah mulut na basah..si koko kelinci saya gag mau mkn sawi atau wortel..saya kasih nasi atau biskuit baru mau makan..kotoran dia pun lunak..kenapa ya...saya takut dia udh ketuaan..blm sanggup klo mpe diay mati hiksss...tks y

Pradika Clan mengatakan...

Tya Jakarta, Kelincinya sudah dibawa ke Dokter Hewan? Bagaimana menurut Dokter disana? Apa sudah diberi terapi? :)
Sebaiknya kelinci tidak diberi nasi dan biskuit karena kandungan gula dalam makanan tersebut dapat menganggu pencernaan kelinci. Kami sarankan untuk pakannya diberi Hay dan pelet saja. Kelinci usia 1 tahun itu masih sangat muda, belum tua. Usia kelinci hingga 10 tahun Mbak :)

Anonim mengatakan...

nama saya rendi,di jakarta,saya memberi makan kelinci saya pelet,sayur(sawi/caisim,daun singkong,dan daun pepaya),dan sedikit rumput,karena rumput sulit saya dapatkan,smua itu sudah sya layukan terlebih dahulu,,dan rumput yang sya dapatkan rumput di bwh phon mangga sya,tapi tdk tajam rumputnya,apa yang saya lakukan sudah benar??

Pradika Clan mengatakan...

Rendi Jkt, maaf ya baru sempat balas.. :)
Sudah Mas, sebaiknya daun singkong tidak diberikan. Kemudian untuk rumput ada baiknya menggunakan Hay karena lebih aman untuk kelinci :)
trims..

Anonim mengatakan...

rendi jkt,mksh mas atas jwbannya,sya mw tnya lg mas,kelinci sya jenis new zealand white,sekitar umur 3-4 blnan,kelinci saya bulunya tiap hari rontok tetapi tdk sampai botak,yg sya liat di internet nmanya moulting,karena klinci sya tdk skit dan bersih,yg sya ingin tnya,smpai kpn ya kelinci sya b'henti moulting,karena saya punya keponakan msh bayi,tkut bahaya klw dekat2 kelinci sya yg bulunya sedang moulting..
Apa moulting bisa dihentikan ya mas..
Trima kasih..

Pradika Clan mengatakan...

Rendi, Moulting itu gejala normal pada kelinci Mas. Tidak perlu cemas pada bulu kelinci. Kelinci sangat aman untuk dipelihara dalam rumah :)

thary_lovely mengatakan...

kak, aku thary dimakassar,, mau nanya, saya baru beli kelinci dua ekor, jenis anggora inggris dan fuzzy lop, awalnya yg fuzzy lop males makan, tp besoknya gantian, yg anggora inggris yg ga mau sama skli makan,, cuma diam aja di pojokan, udah itu kayak mau tidur terus, udah dua hari ini ga mau makan,, aku bujuk2 dan suapin hanya sebesar 4 batang korek api wortel yang di makan, dan 3 helai rumput,, dia juga mencret,, gimana cara mengatasinya kak? aku sayang banget ma kelinci aku itu

thary_lovely mengatakan...

oia kak, satu lagi, aku jg punya anggora dewasa, yang betina, dia ga mau makan pelet, dan malas makan sayuran, tapi dia kok kuat makan nasi? udah seminggu ini makannya lebih banyak nasi, apa gak bahaya kak? makasi sebelumnya

Pradika Clan mengatakan...

Thary, Saran kami sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter hewan ya Mbak :)

Agar Kelinci mau makan pelet atau makanan baru tentu ada cara agar kelinci terbiasa dengan makanan barunya. Di postingan terbaru kami kebetulan membahas itu.

Untuk nasi sebaiknya dihentikan secara perlahan, jika diberikan terus menerus dapat menimbulkan resiko gangguan dipencernaan kelinci

Anonim mengatakan...

saya putri di Jogja..
kelinci saya udah 2 hari g mau makan wortel atw kangkung dan cm tiduran aj dikandang,biasanya kl ada yg lewat di depan kandang pasti heboh dan ngajak main,tp ini ada org didpn kandangnya dicuekin..

hari sabtu kmrn dikasih pelet (sebelumnya g pernah) trus mulai minggu pagi g mau makan sampe senin sore..udah kubawa ke dokter hewan katany cm kaget krn pakannya diganti tiba2 dan dikasih vitamin,cm sampe dirmh masih g mau makan juga..

dr td siang makanannya saya blender dan diambil air nya trus saya suapin, dia mau, tapi kl dikasih wortel atau kangkung biasa dia g mau makan..

oiya,,dia g mencret..
itu gimana yah? kasian liatnya >_<
mohon info nya

Pradika Clan mengatakan...

Putri, BABnya bagaimana? Normal atau tidak BAB sama sekali? Sebaiknya hentinkan pemberian pelet Mbak. Banyak dari kelinci jika diberi kangkung sering terkena kembung dan diare. Kami sarankan menggunakan pelet dan hay saya, karena pakan itu yang terbaik dan aman untuk kelinci. Wortel boleh sebagai selingan atau camilan :)

Anonim mengatakan...

saya nta, kelinci saya tidak mau makan pelet. sudah dicampur dengan wortel, tp ttep saja makannya hanya wortel. apa yg harus saya lakukan?

Pradika Clan mengatakan...

Nta, silakan menuju posting dengan Judul Adaptasi Pakan pada Kelinci :)
http://pradikarabbit.blogspot.com/2012/02/adaptasi-pakan-pada-kelinci.html

Anonim mengatakan...

saya nisa, tinggal di mempawah.
induk kelinci saya skitar 2 bulan yg lalu melahirkan, kemudian sekitar 2 minggu terakhir di biarkan sekandang dg pejantannya. skitar 3 hari sebelum pejantan dn induk betina dipisahkan rumah saya di fogging utk menghilangkan nyamuk. si betina masih lincah dan nafsu makannya besar waktu dipindahkan dan kelihatan hamil karena sering seperti menggali. namun beberapa hari kemudian setelah dipisahkan, si betina jd sedikit makan, sering menunduk dan sering bergegar, dan ketika berdiri sering jatuh, seperti tak kuat menahan beban tubuhnya. kotorannya normal kering, lalu sedikit buang air. dikasi makan rumput, kangkung, dan pelet.
kira-kira kelinci saya kenapa ya? dan bagaimana biar kelinci saya kembali lincah seperti semula?....

sekian dan terimakasih

Anonim mengatakan...

saya tika, dari bekasi.. aku punya kelinci anggora prancis badannya gemuk, namun ketika kemarin dilepas ditaman dia makan rumput dan malamn ya langsung mencret sampai hari ini udah 3 har, kemarin masih mau makan daun pisang dan pelet namun hari ini belum sama sekali makan. udah aku kasih diapet sih tapi blm tau gimana pupnya sekarang.. dia lemes dan maunya minum aja gimana cara terbaiknya?
dan dia juga pilek, apa yang harus saya lakukan? mohon bantuannya.. trimakasih

Pradika Clan mengatakan...

Nisa, susah juga menjawabnya karena kami tidak melihat kondisinya langsung. :)

Tika, segera dikonsultasikan ke Dokter Hewan kepercayaan Anda :)

Anonim mengatakan...

saya angel dr bandung, baru beli kelinci umur 2bulan, saya kasi mkn kangkung & wortel. keesokannya dia ngga mau makan dan malah mencret. hari ini dia ngga mkn sm skali. hanya mau minum. dia juga slalu diem.harus digimanain ya biar nafsu makannya kembali? mohon bantuannya.. makasi :)

Pradika Clan mengatakan...

Angel, sebaiknya tidak diberi kangkung dan wortel. Saran kami berikan pelet dan hay saja. Pemberian Air minum juga penting, gunakan air yang bersih minimal aman juga untuk kita konsumsi. :)

Play_Boy_Junior mengatakan...

saya febrian dari kebumen, kemaren saya habis beli kelinci sekitar umur 3 bulanan lah.. terus kemaren baru tak beliin pelet tapi kok nggak mau makan, terus udah tak coba buat nggerus tuh pelet tapi tetep aja nggak mau di makan..
Mohon Bantuannya..

Pradika Clan mengatakan...

Febrian, silakan baca postingan kami mengenai adaptasi pakan pada kelinci :)

Elisabeth mengatakan...

Dari Eli di Cibubur : mau tanya kak, anak kelinci sy umur 14 hari, td sedang disusui oleh induknya, namun krn induk kelinci kaget, anak kelinci itu terinjak induk, dan skrg kondisinya lemas dan tidak mau minum ASI. Bgmn mengatasinya? Trims.

Pradika Clan mengatakan...

Eli, ditenangin dahulu induknya.. btw, apa yang membuat sang induk kaget?

Elisabeth Ryan mengatakan...

Eli di cibubur, skrg anak kelinci sy sudah mau minum asi. kmrn kaget krn tiba2 ada kucing masuk dan induk kaget shingga menendang anak kelinci. Cuma skrg problem sy induk hari ni terlihat gelisah dan mengeluarkan darah. Padahal baru 1 bulan habis melahirkan, apakah ad kemungkinan induk hamil lagi atau keguguran? trima kasih

Elisabeth Ryan mengatakan...

ternyata akhirnya kelinci sy melahirkan lagi anaknya 5, tp sy sempat bingung, paginya mengeluarkan darah, kemudian sorenya melahirkan. bagaimana cara asupan nutrisi untuk induk pasca melahirkan dua kali dlm rentang 1 bulan saja? sy agak khawatir dg induk. tetapi kondisi induk seperti biasa, krn sy lihat mau makan seperti biasa. trima kasih.

Pradika Clan mengatakan...

Elisabeth, Kondisi anak kelincinya dipertahankan bagus ya spy imunitasnya stabil dan sehat selalu. Untuk induknya saat ini berarti lebih ekstra energi yang dikeluarkan untuk merawat bayi kelinci dan anak usia 1 bln, oleh sebab itu sebaiknya nutrisinya diberikan double dari porsi normal agar tidak terjadi defisiensi nutrisi. Selain itu dikandangkan dengan anaknya agar tidak terjadi perkawinan kembali saat sedang menyusui :)

Anonim mengatakan...

mbak, mau tanya nih..
ni knapa y kelinciku kok tiba2 gga mau makan..
pdahal biasanya kalo makan, dia lahapp banget.

trus, tolong kasi tau kiat2 merawat anak kelinci ya..
makasii..
:)

Fahmi Hamka mengatakan...

permisi.. saya numpang nanya nh..
kmrn saya beli kelinci, tipenya lion. tapi ternyata saya tertipu, penjual bilang umurnya 3bulan, tapi pas saya tanya ke kaka saya yg memelihara kelinci di halamannya, mereka bilang kelinci saya umur 1 bulan dan harus diberi asi...
apa yang harus saya lakukan agar kelinci tersebut tetap sehat, walaupun terpaksa tidak diberi asi? terimakasih.. :)

Pradika Clan mengatakan...

Bisa diberi tambahan Mix Oil, pemberian pakan mohon diperhatikan, pastikan cukup pelet kelinci dan hay saja. Air minum bersih selalu tersedia :)

fikri fazrul mengatakan...

saya mau tanya, kelinci saya kayanya sih lagi stres dia ga mau makan, trus dia merengkut melulu. bagaimana cara mengatasinya? Terimakasih :)

Pradika Clan mengatakan...

fikri fazrul, penyebab kelinci mogok makan banyak.. Biasanya kalau kelinci mogok makan kami berikan mix oil

randi pratama mengatakan...

saya mau tanya... Kelinci ku kok tidak mau makan pelet dari pertama beli...?

tolong bisa dijelaskan..

dan bagaimana supaya mau makan pelet..?

terima kasih...

Pradika Clan mengatakan...

Randi, perlu proses adaptasi dalam penggantian pakan baru.

Hikmah Almahsuni mengatakan...

Saya Ema dari Bekasi. Ebbie (Kelinci ku) umurnya sekitar 3 bulan lebih. semalam dia mencret, fasesnya lembek lendir berwarna hijau. paginya saya berikan diapet, disertai madu+antangin dan disuapi sedikit pisang dan air. siang harinya, dia kembali mengeluarkan fases yang msh mencret namun sedikiiiit sekali, disertai lendir. dan menjelang sore tidak keluar fases lagi, kemudian dia sudah bisa loncat dari kandang (krn bagian atas kandang dibuka), namun sampai saai ini ebbie blm mw makan sama sekali. apakah kelinci saya msh sakit atw sdh sembuh jika keadaannya demikian? lalu apa yg terjadi dg nafsu makannya jika dia sdh sembuh? bagaimana memulihkannya? terima kasih sebelumnya.

Pradika Clan mengatakan...

Ema, Normalnya kalau kelinci sudah sehat maka nafsu makan serta babnya kembali normal. Saran kami segera deh diperiksakan ke dokter hewan terdekat disana untuk hasil diagnosa yang lebih tepat. Kalau untuk menjaga agar kelinci tetap sehat perhatikan pemberian pakannya, cukup hay dan pelet saja. boleh diberikan suplemen seperti yang kami punya Mix Oil. Bisa mengurangi bau kotoran juga. thx..

♥岡本圭人Okamoto Keito is LoVe♥ mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

kelinci saya sebelum nya riang sekali,tapi sejak kemarin dia susah makan,dan hanya diam dipojokan lemas,gak mau lari-lari kyk kemarin-kemarin,ekor nya udah turun,feses normal kok tidak berair,kelinci saya kenapa ya?

hudaryowibisono mengatakan...

saya hudi dari jakarta,kemarin saya punya 3 kelinici, 1 kelinci betina umur 5 bulan dan 2 kelinci betina dan jantan anggora umur 3bulan, ketiganya saya gabung di satu kandang. tapi kemarin kelinci saya yang jantan anggora mati. dan sekarang kelinci anggora yang betina nafsu makannya jadi berkurang, apakah mungkin nafsu makannya berkurang karena temannya mati ? dan sebenarnya boleh atau tidak ya menggabung kelinci anggora dengan kelinci dengan ras yang lain untuk tinggal di kandang yang sama ?

Anonim mengatakan...

Nama saya Nissa, jakarta.

Kok air kencing kelinci saya bedaa ya ?? Menjadi warna kuningnya lebih agak sedikit mencolok dan sedikit lebih kental ( ga terlalu cair)
Padahal aktifitasnya seperti biasa, gada masalah, hanya air kencingnya saya, pupnya juga ga mslh. Dan ttp aktif.

Itu knp ya ? Apa obatnya ?? Dan apa yg hrs saya lakukan ?

Pradika Clan mengatakan...

Hudi, Sebaiknya 1 ekor kelinci 1 kandang. Matinya kenapa? Bisa jadi mati akibat penyakit menular dan menular ke temannya. Saran kami segera saja dicekkan kondisinya ke dokter hewan kepercayaannya :)

Nissa, tidak kenapa-kenapa

Anonim mengatakan...

saya fiam d bandung sy sdh beri makan pelet di wadahnya ada daun daun dn rumput tp yg dimakan hanya rumput ada solusi lain g? ? tolong ya hadih ultah takut mati:( tks.

Pradika Clan mengatakan...

Fiam, dengan cara diadaptasikan terlebih dahulu. Perlahan tapi pasti

Anonim mengatakan...

Mau tny, utk hay per kg hrgnya brapa? Dan apa di pradika clan menjualnya dan bs dikirim ke malang?
Sy jg mw tny,2 mgu lalu sy mengawinkan betina (8 bln)&jantan (6 bln) hingga 2x (penetrasi sukses).. Nah,diluar dr tanda2 kelinci hamil yg sudah umum dibahas,sy mw tny nih,kalo betinanya skrg jdi lbh gesit,misal dulu kalo diberi wortel,lgsg dimkn,tp skrg bgtu wortel didpt,dibawa muter kandang dlu dgn lincah dan gesitnya (sdikit lompatan2), sy coba raba,terasa putingnya agak2 keras gtu, tp sukanya malas2an,tdur2an gtu,sy coba masukkan k kndg jantan,malah lari kebingungan n meringkuk d pojok kandang, apakah itu tanda hamil? Wah seandainya pradika clean membuat suatu tulisan ttg tanda2 kehmilan yg tdk umum,dr tanda2 usia janin muda sampe tua,mgkn bakal byk yg suka nih..

Anonim mengatakan...

Ohiya, saya tyo dr malang

Pradika Clan mengatakan...

Maaf baru balas, terima kasih atas masukannya. Untuk order bisa langsung menghubungi nomor kontak kami, jangan lupa ketik juga nama dan lokai tinggal. Masa bunting kelinci 1 bulan, jika 1 bulan belum melahirkan silakan dikawinkan lagi. thx :)

Anonim mengatakan...

Saya ani, mau nanya kelinci saya seharian ini lemes cuman tidur tiduran aja. Terus makanya sedikit pupnya juga sedikit, minumnya sedikit. Dia baru 8 minggu. Baru dipisahin sama induknya.itu kenapa ya? Saya baru ngerawat juga sih. Jarang dikeluarin dari kandang juga

tata mengatakan...

Anonim berkata..
Pagi, saya tata di malang. Begini, saya sdh memelihara kelinci cukup lama dan baru kali ini kelinci saya tidak mau mkan sama sekali dan hanya mau minum saja. Saya beri makan wortel dan kangkung seperti biasanya juga tidak mau. Padahal kelinci sayavyg satunya lahap sekali. Tolong infonya, kelinci saya kenapa ya? Dan apa yg hrs saya lakukan? Trims.

Majestika Septikasari mengatakan...

Saya jesy dr cilacap 2 hari yg lalu baru beli kelinci di kasih makan pelet dr kmarin bab normal tp tadi siang bab lebih lembek dan hitam,makan msih mau, tp seharian tiduran terus di lante keramik bahaya tidak?

Google+

Bagikan ke teman yang lain

 

PETERNAKAN KELINCI SURABAYA PRADIKA RABBIT

Tempatnya Hobiis, Peternak dan Pecinta Kelinci Mencari Info dan Kelinci Berkualitas