15 Alasan Harus ke PRADIKA RABBIT

Posting Populer

3.21.2012

ANCAMAN PENYAKIT KELINCI PADA MANUSIA

.

ANCAMAN PENYAKIT KELINCI PADA MANUSIA

Saat akan memutuskan atau pertama kali memelihara kelinci selalu terbesit dalam pikiran kita. Amankah kita untuk memeliharanya? Pemikiran ini timbul karena didorong adanya pertanyaan dalam diri kita apakah ada ancaman penyakit kelinci yang dapat menular ke manusia? Jawabannya adalah iya. Sehingga dengan adanya suatu ancaman tersebut dapat membuat rasa ketakutan ataupun kekhawatiran untuk memutuskan dalam memelihara kelinci. Akankah ancaman tersebut membatalkan keputusan kita untuk memelihara kelinci? Nah, dalam ulasan Pradika Rabbit kali ini akan membahas apa saja ancaman penyakit kelinci yang dapat menular ke manusia dan apa yang harus dilakukan jika itu terjadi? Mari kita simak bersama…..^_^


           Keputusan awal untuk memelihara kelinci sebagai hewan peliharaan kita merupakan suatu keputusan yang sangat tepat. Bagaimana tidak, hewan yang satu ini sangat unik dan menarik perhatian, selain itu yang terpenting kelinci merupakan hewan yang aman terhadap penyakit menular ke manusia. Lalu yang menjadi pertanyaan apakah ada ancaman penyakit dari kelinci? Ancaman tersebut tentu ada, namun saat ini masih sedikit penyakit yang dapat menular dari kelinci ke manusia selama tubuh dalam kondisi yang sehat. Namun, tidak menutup kemungkinan dapat tertular apabila sistem imun tubuh menurun. Segala ancaman tersebut dapat diatasi apabila kita melakukan berbagai pencegahan antara lain dari aspek kelincinya dahulu, yakni dalam memilih kelinci yang akan diadopsi harus dalam kondisi benar-benar sehat dan cukup usia (minimal 2 bulan), selalu menjaga sanitasi kandang, memberikan pakan sesuai kebutuhan nutrisi dan tidak terkontaminasi mikroorganisme, serta menjaga kelinci kesayangan kita agar tidak kontak dengan hewan lain yang sakit. Kemudian dari aspek pemilik hewan setelah melakukan kontak dengan kelinci kesayangan jangan lupa untuk mencuci tangan agar tidak ada penularan penyakit dari kelinci ke pemilik hewan maupun sebaliknya. 
Lingkungan kandang yang bersih menjamin kesehatan Pemilik dan Kelincinya
Kalau tadi kita sudah mengulas mengenai pencegahan ancaman penyakit pada kelinci, sekarang kita akan mengulas penyakit pada kelinci yang dapat menular ke manusia. Kelinci dapat terserang penyakit akibat adanya infeksi dari parasit, bakteri dan agen penyakit lainnya. Misalnya infeksi akibat parasit yaitu scabiosis yang disebabkan ektoparasit Notoedres cati dan Sarcoptes sp. Penyakit ini dapat menular ke manusia dengan kontak langsung dari kelinci yang berpenyakit scabiosis dan efeknya pada manusia akan terasa gatal yang sangat. Oleh sebab itu, seusai kontak dengan kelinci yang menderita scabiosis, maka pemilik wajib mencuci tangan dengan sabun atau dianjurkan memakai hand gloves.
Kemudian ketika kelinci kita menunjukkan gejala yang tidak sehat, maka apa yang harus kita lakukan agar kelinci kita sehat kembali dan penyakit tersebut tidak dapat menular kepada kita?

Cuci tanganlah sebelum dan
sesudah kontak dengan kelinci
Tanamkan pada diri kita untuk tidak mencoba-coba mengobati kelinci dengan sistem asal atau perkiraan karena dapat berakibat buruk saat itu juga maupun beberapa waktu setelah itu. Jangan tunda untuk membawa kelinci kesayangan kita ke dokter hewan terdekat atau dokter hewa kepercayaan agar segera mendapatkan penanganan medis. Selain itu lakukan konsultasi mengenai penyakit tersebut dan perawatan yang perlu dilakukan oleh pemilik.

Nah, itu tadi sedikit tips dalam memelihara kelinci, semoga bermanfaat dan bisa memberikan pencerahan. Jangan takut untuk memelihara kelinci karena kelinci adalah salah satu hewan yang sangat menarik dan aman bagi kita selama pemeliharaan terjaga dengan baik.  ^_^

36 comments

Anonim mengatakan...

nma sya rita,sma mw tnya mas,klw kelinci moulting,b'bahaya ga untuk manusia??
Trus untuk menghindari kita supaya ga skit gra2 moulting gmn caranya??
Trima kasih:)

Nimas Pradika mengatakan...

Rita, Moulting adalah peristiwa normal pada kelinci yang biasa terjadi sebanyak 1 hingga 4 kali selama setahun. Tidak ada bahaya mengancam jika kelinci moulting baik untuk kelinci dan pemilik kelincinya :)

Anonim mengatakan...

nama saya umi di jogja, saya mau nanya mbak, saya punya 2 kelinci lokal pada pinggir2an kupingnya ada kayak jamur tebel trs saya obati jadi rontok jamurnya dan ilang tp kemudian jamurnya malah menyebar ke daerah lain seperti di daerah kaki semuanya jd kena jamur trs daerah pinggiran mata juga jadi kena jamur tebel-tebel begitu. kira2 penyakit apa ya itu? berbahaya ngga buat kelinci dan pemiliknya? dan klo boleh tau bagaimana pengobatannya? tks.

Pradika Clan mengatakan...

Umi Jogja, coba dibaca postingan kami dengan judul Scabiosis pada Kelinci :)
Saran kami sebaiknya segera dikonsultasikan ke Dokter Hewan disana, kalau terlalu lama kasihan kelincinya & dapat menular ke pemiliknya, trims :)

Stefina mengatakan...

Kelinci saya suka garuk2 kuping, ps dilihat ada putih2 kayak ketombe. Udah lama banget gak sembuh2. Tapi putih2nya ini cuma ada dipinggir kuping dalam kelinci juga didalamnya banyak sekali. Itu kenapa ya? padahal 1 bulan saya sudah rutin memandikannya dan sering membersihkan kupingnya.

Pradika Clan mengatakan...

Stefina, biasa membersihkan dan memandikan kelinci dengan apa? Bagaimana pula kebersihan kandangnya?

Anonim mengatakan...

Saya stefina, di bogor...
mandikan pakai baby shampoo. yang merk Cussons.
Kandang 1x sehari bersihkan bedding, kalau total kurang lebih 1 bulan sekali. Kalau yang pakai disinfektan atau yang sabun2 belum pernah, hanya air tapi sudah terlihat bersih

Pradika Clan mengatakan...

Stefina, Shampoo bayi tidak cocok untuk kelinci. Dugaan kami kulit kelinci kering sehingga muncul putih-putih seperti yang Anda temui tersebut. :)

Anonim mengatakan...

Risanti_Jogja
saya minta contoh desain kandang agar mudah dalam membersihkan kotoran feses dan urine dan sisa2 rumput di kala malam. saya selama ini masih merasa terlalu lama dalam membersihkan ( kandang seperti pranji ayam ). kebetulan saya pesan sama perajin kandang, jadi ada sudut2 yg menyulitkan saya.

saya tunggu di email saya
:arsinta_littlesister@yahoo.co.id

terima kasih sebelumunya

Pradika Clan mengatakan...

Risanti, banyak kok Mbak macam-macam desain kandang kelinci. Kalau bisa dibuat kandang dengan penampung feses dan urin terpisah :)

Anonim mengatakan...

irma _ jakarta
hallo saya pnya 2 kelinci..umur kurang lebih 1 bulan..di perutnya bulunya habis(botak). kalo saya perhatikan kelinci saya suka garuk2 pakai mulut di bagian kemaluan dan diperutnya..itu kenapa ya?? obatnya apa?thanks

Pradika Clan mengatakan...

Irma, biasa diberi makan apa? bulunya apa dimakan sendiri oleh kelincinya?

nadia's stories mengatakan...

saya baru mulai memelihara kelinci, saat membeli saya tertarik dengan kelinci2 mungil yang baru saya ketahui beberapa hari kemudian bahwa kelinci2 ini masih menyusui. sampai 10 hari ini, saya sdh membeli 4 kelinci dan 3 diantaranya mati :( apakah saat membeli kelinci harus membeli kelinci dewasa? apakah tdk mungkin kelinci2 mungil ini bertahan hingga dewasa? sy merasa bersalah krn 3 kelinci sebelumnya mati. sebagai info makanannya sawi putih, wortel, kebersihan kandangnya cukup baik, kena matahari pagi, dan pagi/sore biasa di lepas bebas. mohon bantuannya, tks

nana/makassar
zuhriana.risa@yahoo.com

Pradika Clan mengatakan...

Nadia, Kejadian Anda sudah banyak dialami oleh teman2 kelinci juga Mbak.. Bukan salah Anda dalam mengadopsi kelinci namun karena ketidakjujuran dari penjual mengenai usia hingga merugikan Anda. Banyak penjual yang hanya menjual kelinci tetapi tidak beternak atau memeliharanya, sehingga seringkali muncul statement yang tidak tepat seperti, kelinci nggak boleh dikasih air minum, kelinci diberi makan kangkung wortel saja, belum lagi yang menarik telinganya saat memindahkan kelinci.. Padahal statement2 tsb sangat tidak tepat.

Tidak harus membeli kelinci dewasa, hanya pastikan bahwa kelinci yang akan Anda adopsi berusia 2 bulan. Bukan 2 bulan yang ternyata masih 1 bulan, thx..
Semoga membantu :)

arintawii mengatakan...

mbak, mau tanya nih..
ni knapa y kelinciku kok tiba2 gga mau makan..
pdahal biasanya kalo makan, dia lahapp banget.

trus, tolong kasi tau kiat2 merawat anak kelinci ya..
makasii..
:)

nama :: arinta dari mojokerto..

Pradika Clan mengatakan...

@Arinta, bagaimana sekarang kondisinya? Sudah mau makan?
Kiat2 memilih kelinci sudah pernah dibahas, coba cek artikel sebelumnya :)

Rakuten.co.id: Toko online murah, serba ada Barang unik Jepang mengatakan...

Ternyata, kita harus haTI-hati juga ya

Anonim mengatakan...

nama saya widya,
hm mv sebelumnya saya mw tanya, gimana caranya yang tepat, dan tahap-tahap menghilangkan kutu dan telur-telurnya pada tubuh kelincinya, selain membersihkan kandang,

Pradika Clan mengatakan...

Widya, bisa digrooming dahulu kemudian diberi obat khusus. Segera ke Dokter Hewan ya :)

Rusmaya Suti mengatakan...

nama sy maya di bdg, mo nanya..apakah pengobatan scabies (injeksi) pada indukan kelinci yg terlanjur hamil berpengaruh thd perkembangan janin kelinci? sblm diobati kelinci sy beranak dan anaknya (sekitar 2 mg) mati smua tertular scabies...thx sblmnya

Pradika Clan mengatakan...

@Rusmaya, pasti ada pengaruhnya.. Mengenai mati pada usia 2 minggu itu banyak sekali penyebabnya.

annisya icha azzahra mengatakan...

nama aku icha.. aku punya kelinci di rumah.. tapi lagi sakit.. kuping nya pendek dan berkerak.. obatnya apa aja kalo boleh tau... makasih

Pradika Clan mengatakan...

annisya icha azzahra, Segera cek ke dokter hewan ya

putri malikal mengatakan...

nama saya putri dari surabaya. saya mau tnyak, saya pnyak kelinci 3 satu mati tnggal dua trus yang satu ini, diem melulu g bnyak aktifitas dan setelah saya lihat di bagian tubuhnya(di bwhnya) trdapat bnyak kotoran(abis pupp) sya bingung,
krna kelinci sya yang mati jga kyak gitu trus mati. kira2 itu trkena pnyakit pa? bgaimna ngobatinnya? terima kasih

Pradika Clan mengatakan...

Putri, mengapa tidak segera dibawa ke dokter hewan kalau memang kelincinya sakit?

Anonim mengatakan...

Salma di bandung. Mohon maaf sebelum'y, saya mau tanya.
1) kelinci saya pernah mencret lalu ayah saya memberi obat diare adik saya. (Hasil'y sembuh)
2)Kelinci saya masuk angin hingga mengalami sakaratul maut lalu ayah saya memberi'y tolak angin (hasil'y sembuh juga.) tpi ke esokkan hari'y. Kelinci saya sakaratul maut lagi.
Nah tindakan ayah saya ini benär atau tidak ya?

Pradika Clan mengatakan...

Salma, kami tidak salah namun kurang tepat. Sebaiknya segera hubungi dokter hewan jika memang hewan peliharaannya sakit :)

Triara mengatakan...

nama saya tria, sebelah mata kelinci saya bernanah dan matanya jadi putih semua...apa obatnya? apakah penyakit mata pada kelinci dapat menular pada manusia? terimakasih

Pradika Clan mengatakan...

Triara, sebaiknya segera datang berkonsultasi dengan dokter hewan kepercayaannya sebelum semakin parah kondisi kelincinya. Thx :)

Bunda Alfa mengatakan...

Mas saya punya kelinci 8 ekor kandangnya saya pakenya kandang untuk kucing. Yang saya khawatirkan kelinci itu saya taruh di belakang deket dengan jemuran baju. Saya takut ada virus atau bakteri yang menyebar ke baju2 jemuran saya apalagi saya ada bayi usia 8 bulan. Gmn y caranya biar tdk tertular soalnya tdk ada tempat selain disitu..thx :)

Pradika Clan mengatakan...

Bunda Alfa, ada lokasi lain tidak? Tempat jemuran baju pasti sangat panas sekali. Panas sangat menyiksa kelinci.

Icha Annisya mengatakan...

saya Icha Annisya dari Bangkalan.
Mau nanya nih, saya punya kelinci 2 ekor. keduanya lucu gembul bgt. Pemberian dari Ayah & Mama soalnya saya suka bgt sama kelinci JUNAY yg disinetron itu. tp setelah sinetronnya tamat, kelincinya udah ga terurus, udah mati 1 skrg jadi tinggal 1 lagi. Nah skrg yg 1 nya lagi kayaknya mau nysusul mati juga :( soalnya telinganya udah layu sebelah (udah ga tegak lagi) & saya juga jijik liat ditelinganya banyak kutilnya, tp saya sayang sama kelincinya, gamau kelincinya mati. Usul dong gimana cara nyembuhinnya? Pake obat apa biasanya? Trimss

Pradika Clan mengatakan...

Bawa saja kemari atau Dokter hewan dekat sana untuk pengecekan lebih lanjut :)

Anonim mengatakan...

poetry _Jambi

sy mau tny Knp ad kelenjar spti testis manusia dkelinci sy? sy googling tp g ad kelinci gt jantan atw betina.. kt yg jual itu betina, tapi ad spt testis 2 gt.. n kuping ny jd spt kerupuk, mengkerut, sptny infeksi, n hidungnya spt kapalan keras agak membengkak keras gt.. gmn yah? bingung..

bLaCk_OraNge mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
bLaCk_OraNge mengatakan...

saya rully dari jakarta, yang sayaingin tanyakan apakah toxoplasma ada di kelinci, jika ada bgaimana pencegahan dan perwatannya, trims

Google+

Bagikan ke teman yang lain

 

PETERNAKAN KELINCI SURABAYA PRADIKA RABBIT

Tempatnya Hobiis, Peternak dan Pecinta Kelinci Mencari Info dan Kelinci Berkualitas